persiapan ujian

5 Tips Persiapan Ujian Supaya Dapat Nilai Maksimal – Semua tentang Ujian

Supaya dapat nilai yang maksimal, tentunya elo harus punya persiapan ujian yang benar-benar maksimal juga dong.

Apa elo sudah punya cara tersendiri untuk mempersiapkan ujian? Kalau belum, gue sudah merangkum beberapa tips yang bisa elo lakukan.

1. Pastikan Elo Punya Catatan Materi yang Lengkap

Sebelum elo mulai belajar untuk persiapan ujian, hal pertama yang harus elo pastikan adalah kelengkapan catatan materi belajar elo.

Catatan materi yang lengkap bakalan membuat elo lebih mudah untuk belajar.

Jadi, pastikan elo sudah punya catatan materi yang lengkap dulu, ya!

2. Buat Study Plan

Membuat study plan adalah salah satu cara belajar yang efektif untuk persiapan ujian. Apa elo sudah pernah membuatnya? Kalau belum, begini cara membuatnya menurut University of Washington.

Study plan akan membuat persiapan ujian elo lebih efektif (dok. tirachardz/Freepik)
Study plan akan membuat persiapan ujian elo lebih efektif (dok. tirachardz/Freepik)

Pertama, siapkan materi-materi yang bakalan elo pelajari. Misalnya, elo akan ada ujian untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan Bahasa Indonesia. Maka, semua materi yang bakalan diujikan sudah lengkap dulu.

Selanjutnya, buat jadwal belajar minimal untuk tiga hari ke depan. Misalnya, belajar Matematika di hari Senin, Bahasa Inggris di hari Selasa, terus belajar bahasa Indonesia di hari Rabu.

Supaya elo bisa lebih fokus belajarnya, elo juga bisa membagi waktu belajar yang elo punya. Contohnya nih, elo punya waktu belajar minimal 5 jam per hari. Nah, elo bisa membagi waktunya dengan cara:

  • 2 jam untuk review materi
  • 2 jam untuk latihan soal
  • 1 jam untuk review ulang materi dan hasil latihan soal

Dengan cara ini, elo bisa belajar dengan lebih fokus.

Baca Juga: Persiapan Fisik dan Mental Sebelum Ujian

3. Hindari Multitasking

Kata University of Washington, multitasking itu big no banget kalau elo lagi belajar untuk persiapan ujian.

Soalnya, multitasking cuma bakalan bikin elo nggak fokus dan nggak produktif. Bayangin nih, elo belajar sambil makan. Apa elo yakin materi yang elo pelajari bakalan nyantol ke otak? Kayaknya susah, deh.

Daripada elo capek gara-gara multitasking, lebih baik elo buat jadwal harian yang lebih tertata. Ini termasuk jadwal elo makan, istirahat, atau mengerjakan kewajiban di rumah. Jadi, nggak cuma jadwal belajar saja yang teratur, jadwal makan dan istirahat elo juga ikut teratur.

4. Ajak Teman untuk Belajar Bareng

Belajar bareng teman-teman untuk persiapan ujian itu menyenangkan, lho! Bahkan, beberapa universitas seperti Washburn University malah mendorong mahasiswanya untuk belajar bersama alias punya study buddy.

Study buddy bakalan bikin sesi belajar elo lebih seru, lho! (dok. jcomp/Freepik)
Study buddy bakalan bikin sesi belajar elo lebih seru, lho! (dok. jcomp/Freepik)

Elo bisa membuat kelompok belajar yang kecil dengan teman-teman elo. Punya study buddy bisa membantu elo buat lebih memahami materi belajar. Elo dan teman-teman elo bisa saling sharing catatan atau buku referensi yang bisa dipakai buat belajar. Nggak cuma itu, elo bisa berdiskusi kalau ada materi-materi yang susah dipahami.

Jadi lebih seru kan ngambisnya, kalau bareng-bareng?

Baca Juga: Siap PAS, Tingkatkan Nilai Ujian Dengan Fitur-Fitur Zenius

5. Jangan Ragu untuk Bertanya

Terakhir, kalau elo merasa ada materi yang benar-benar nggak elo pahami pas belajar buat persiapan ujian, nggak ada salahnya buat bertanya, lho.

Elo bisa bertanya langsung ke guru elo kalau elo beneran bingung sama materi yang lagi elo pelajari. Jangan lupa perhatikan waktunya kalau elo mau bertanya, ya! Pilih waktu yang tepat buat menghubungi guru elo. Hindari menghubungi guru elo di malam hari.

Kalau elo merasa segan untuk bertanya langsung ke guru, elo bisa bertanya ke tutor-tutor yang ada di Zenius, lho! Soalnya Zenius punya live class bareng tutor-tutor keren. Di sesi live class itu, elo bisa langsung bertanya dengan tutor-tutornya.

Gimana, sekarang elo sudah tahu kan apa saja yang harus dilakukan untuk persiapan ujian? 

Supaya persiapan ujian lebih matang lagi, gue udah siapkan series Semua tentang Ujian, nih! Di series ini gue bakalan ngulik serba-serbi ujian plus tips-tips menghadapinya, lho! Dibaca, yuk!

Semua tentang Ujian:

Bagian 1: Kok di Sekolah Ada Evaluasi Belajar Terus, Sih?

Bagian 2: Ujian Nasional Zaman Dulu vs Zaman Now

Bagian 3: Asesmen Nasional Adalah Pengganti Ujian Nasional, Ini Penjelasannya

Bagian 4: 5 Tips Persiapan Ujian Supaya Dapat Nilai Maksimal

Bagikan Artikel Ini!