Ilustrasi sendi pada manusia.

Pengertian, Struktur, Jenis, dan Fungsi Sendi – Materi Biologi Kelas 11

Pernah ngebayangin, nggak, apa jadinya kalau tubuh kita nggak ada persendian? Nggak bisa gerak, ya?

Lalu, kenapa ada orang yang tubuhnya lentur seperti gambar di bawah ini.

Ilustrasi orang sedang yoga dan kaitannya dengan persendian manusia.
Lelaki yang ada di gambar ini kok lentur banget, ya? (dok. Pixabay/YogawithAmit)

Namun, ada juga orang yang tubuhnya kaku, pegal-pegal, bahkan menderita penyakit radang sendi. Selain rajin berlatih atau berolahraga, beberapa orang memang memiliki tubuh yang lebih fleksibel dibandingkan dengan orang lain.

Hal itu karena mereka memiliki ligamen yang lebih longgar. Sehingga, mereka bisa bergerak lebih leluasa, pokoknya fleksibel, deh.

Nah, ngomong-ngomong tentang sendi, memangnya ada hubungan apa antara gerak dan sendi? Materi ini bakal elo temui di mata pelajaran Biologi kelas 11, lho. Oke, langsung kita bahas, yuk!

Pengertian Sendi

Apa yang dimaksud dengan persendian? Fungsi sendi adalah sebagai titik artikulasi tubuh. Maksudnya, sendi merupakan penyambung antar tulang dan fleksibilitas gerakan.

Kalau didefinisikan, sendi merupakan lokasi pertemuan dua tulang yang berbeda.

Kalau elo suka makan ayam goreng, coba elo perhatikan bagian tulangnya, deh. Antara tulang yang satu dan lainnya itu saling terhubung. Kalau elo pencinta pertulangan, pasti paham banget gimana rasanya makan tulang, apalagi bagian tulang rawannya. Nikmat banget, guys.

Eh, kok jadi ke ayam goreng. Nggak apa-apa, masih ada hubungannya dengan materi kita kali ini, kok. Kurang lebih, struktur persendian itu seperti gambar di bawah ini. Ngomong-ngomong, ini merupakan struktur sendi manusia, ya, guys.

Gambar dan bagian-bagian sendi manusia.
Struktur sendi manusia. (Arsip Zenius)

Nah, tadi gue ngomongin tulang rawan, kan? Tulang rawan itu termasuk bagian dari sendi, lho. 

Struktur sendi manusia itu cukup kompleks, yang terdiri dari pertulangan (tulang rawan, spons, dan kompak), rongga sendi, membran sinoval, dan ligamen yang dirancang untuk menahan beban dan menggerakkan tubuh.

Apa saja persendian pada rangka manusia, sih? Kita bahas macam-macamnya, yuk!

Tonton video belajar Zenius: Jaringan Ikat Tulang Rawan

Macam-Macam Sendi dan Contohnya

Percaya, nggak, kalau ada jenis-jenis sendi? Sendi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sinartrosis, amphiarthrosis, dan diarthrosis. Berikut ini macam-macam sendi dan gambarnya.

Sinartrosis (Sendi Non-Gerak)

Sinartrosis merupakan sendi mati atau sendi yang nggak bisa gerak. Nah, jenis sendi ini ada di lokasi yang nggak boleh gerak. Kira-kira di mana coba, bagian tubuh yang nggak boleh gerak? Yaps, hubungan antar tulang tengkorak termasuk sendi sinartrosis atau sendi mati, guys.

Kebayang nggak, sendi yang ada di tulang tengkorak itu gimana? Namanya suture yang ada di perbatasan tulang penyusun tengkorak. Seperti ini gambarannya, ya, guys.

Ilustrasi sendi yang terdapat pada tulang tengkorak.
Sendi pada tulang tengkorak. (dok. Wikimedia Commons)

Untuk memudahkan elo dalam mengingat jenis sendi ini, elo bisa mengingat asal katanya. Sinartrosis berasal dari kata syn yang berarti bersama dan arthros yang berarti sendi. Kalau digabungkan akan menjadi sendi bersama, sendi yang kaku, itulah mengapa jadi nggak bisa gerak.

Amphiarthrosis (Sendi Gerak Terbatas)

Selanjutnya, ada sendi amphiarthrosis. Jenis sendi ini bisa gerak, namun pergerakannya terbatas, guys. Jadi, masih agak kaku gitu.

Kalau dilihat dari katanya, apmhiarthrosis terdiri dari dua kata, yaitu amphi yang artinya dua sisi dan arthros yang artinya sendi. Sendi ini terdiri dari dua tulang (nggak seperti tulang tengkorak yang terdiri dari beberapa tulang, kemudian saling bertemu, dan nggak bisa gerak).

Jadi, kalau satu tulang geser, sebelahnya juga bisa ikut geser. Jenis sendi ini ada di tulang kemaluan. Antara tulang kanan dan kiri tulang pubis atau tulang kemaluan itu ada sambungan kartilago.

Gambaran sendi amphiarthrosis yang terdapat pada tulang pubis.
Sendi amphiarthrosis pada tulang pubis. (dok. Wikimedia Commons)

Contoh pergerakan sendi ini sangat terlihat ketika kontraksi ibu hamil, ketika sebelah kanan geser, maka sebelah kiri ikut geser. Sehingga, terjadi bukaan 1, 2, dan seterusnya hingga janin bisa keluar.

Diarthrosis (Sendi Gerak)

Diarthrosis terdiri dari dua kata, yaitu dia yang artinya menyeluruh dan arthros yang artinya sendi. Jadi, diarthrosis merupakan sendi gerak yang memungkinkan pergerakan lebih leluasa atau bebas. Jadi, di antara ketiga jenis sendi, diarthrosis lah yang lebih banyak pergerakan.

Contoh sendi jenis ini ada di hampir semua tubuh kita yang memungkinkan tulangnya bergerak, misalnya ada di siku, lutut, dan leher. Ini dia macam-macam sendi dan arah geraknya yang termasuk dalam diarthrosis.

Ilustrasi sendi diarthrosis dan arah putarnya.
Macam-macam sendi dan arah putarnya pada sendi diarthrosis. (Arsip Zenius)

Coba elo amati gambar sendi di atas, kemudian elo lihat aplikasinya di tubuh elo. Kira-kira, sendi yang ada di rahang itu yang mana? Yaps, tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah sendi pelana.

Hal itu karena sendi pelana mampu membuat gerakan dua arah, ke depan dan ke belakang, juga ke kanan dan ke kiri.

Selanjutnya, coba elo perhatikan siku dan lutut. Kira-kira jenis sendi apa yang ada di situ?

Yaps, persendian yang terdapat pada siku adalah sendi engsel. Ya, elo lihat aja arah gerak dari sendi engsel. Ia hanya memungkinkan pergerakan satu sumbu, kalau nggak ke atas berarti ke bawah. Sama seperti sikut dan lutut kita, kan?

Selanjutnya, ada yang menarik, nih, tentang sendi yang bisa bergerak bebas hampir ke segala arah. Menurut elo yang mana, guys? Ternyata, sendi yang memungkinkan gerakan bebas hampir ke segala arah yaitu sendi peluru.

Sendi peluru hampir mencakup semua jenis sendi. Bisa melakukan pergerakan ke atas dan bawah, berputar, serta geser ke kanan dan kiri. Contohnya, sendi yang terdapat pada pertemuan tulang bahu (humerus) dan pinggul (femur). Itulah mengapa sendi ini ada di rangka tulang gerak kita.

Baca Juga: Apakah Benar Mandi Malam Bisa Bikin Rematik?

Gangguan Persendian

Lho, memangnya sendi ada kelainannya, ya? Oh, tentu saja ada, guys. Elo pernah dengar tentang arthritis, nggak? Salah satu penyakit yang menyerang sendi adalah arthritis atau radang sendi.

Arthritis merupakan peradangan atau inflamasi persendian yang menyebabkan sendi bengkak, kaku, nyeri, dan sulit digerakkan.

Ada dua macam arthritis, yaitu osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

  • Osteoarthritis merupakan kerusakan pada tulang rawan, sehingga bisa menyebabkan tulang saling bergesekan dan menimbulkan rasa sakit pada sendi. Penyakit ini bisa menyebabkan perubahan tulang dan kerusakan jaringan ikat, lho, guys.
  • Rheumatoid arthritis merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh autoimun. Penyakit ini menimbulkan inflamasi dan pembengkakan, serta dapat merusak kartilago dan tulang pada sendi.

Nih, coba elo bandingkan antara sendi normal dan sendi orang yang terkena arthritis.

Ilustrasi perbedaan sendi sehat dan penderita osteoarthritis.
Perbedaan sendi normal dan penderita arthritis. (Arsip Zenius)

Kelihatan jelas perbedaannya, kan?

Gimana, udah paham dengan materi di atas? Semoga elo masih terus penasaran untuk mencari tahu kelanjutan dari materi persendian ini, ya. Dengan begitu, elo bisa langsung cek materi selanjutnya atau versi lebih detail dan menarik lewat video belajar Zenius. Yuk, klik banner di bawah ini!

klik banner ini untuk mempelajari materi biologi lebih lanjut

Contoh Soal Persendian dan Pembahasannya

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi persendian, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi. Cekidot!

Contoh Soal 1

Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh soal menentukan jenis sendi pada siku.

Jenis sendi yang terdapat pada gambar adalah….

A. Sendi geser.

B. Sendi engsel.

C. Sendi pelana.

D. Sendi putar.

E. Sendi gulung.

Jawab: B. Sendi engsel.

Pembahasan:

Sendi engsel merupakan sendi yang terdapat pada siku dan lutut. Sendi ini memungkinkan pergerakan satu sumbu, kalau nggak ke atas berarti ke bawah.

Contoh Soal 2

Persendian yang memungkinkan gerakan ke satu arah saja disebut dengan sendi….

A. Putar.

B. Pelana.

C. Engsel.

D. Geser.

E. Peluru.

Jawab: C. Engsel.

Pembahasan:

Kalau ditanya sendi yang gerakannya ke satu arah, elo bisa langsung mengingat siku dan lutut. Sendi yang ada di lutut dan siku adalah sendi engsel. Sendi ini memungkinkan terjadinya pergerakan ke satu arah aja, kalau nggak ke bawah, ya ke atas. Kalau nggak angkat siku, ya meluruskan siku. Gitu, ya, guys.

Baca Juga: Pengertian, Sifat, Komponen, dan Fungsi Membran Sel

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang persendian? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi Biologi lainnya di video Zenius. Elo juga bisa mencoba melatih kemampuan dengan level soal yang mirip UTBK beneran dengan klik link di bawah ini.

Try Out bareng Zenius

Bagikan Artikel Ini!