try out online

Tips Try Out Online Biar Makin Siap Lolos UTBK SBMPTN!

Halo Sobat Zenius, apa kabarnya nih? Sudah pada tahu kan apa itu try out?

Siapa nih yang mulai ngambis ngerancang jadwal belajar UTBK biar lolos SBMPTN 2022? Pastinya elo kan, Sobat Zenius!

Elo bisa ikutan try out SBMPTN secara online dan mandiri di Zenius. Jadi, lewat fitur ini, elo bisa latihan soal-soal UTBK kapan pun dan di mana pun, lho! Dengan ikutan TO (Try Out), persiapan elo buat menghadapi UTBK SBMPTN 2022 jadi makin maksimal.

Sebelum pembahasan ini lebih lebar lagi, gue mau tanya dulu nih, ada nggak sih yang suka kepikiran kalau apakah nilai try out penting? Atau sebenarnya nilai try out untuk apa sih?

Try out itu penting! Dengan ikutan try out, elo bisa merancang strategi belajar UTBK yang lebih efektif buat taklukin soal-soal UTBK SBMPTN seperti AKM hingga TPS UTBK yang jadi syarat lolos SBMPTN, lho!

Jadi, buat elo yang memiliki keinginan besar masuk PTN impian, gue sangat menyarankan elo ikutan Try Out Online mandiri sesering mungkin. 

Gue juga pernah bahas tentang tahapan belajar UTBK di artikel ini. Nah, kali ini, gue mau mengajak elo semua untuk mengupas lebih dalam satu dari 7 langkah belajar tersebut, yaitu Langkah ke-6: TRY OUT.

Kenapa gue mau bahas topik itu secara khusus? Apakah nilai try out penting banget? Tentu saja Sobat Zenius! 

Try out adalah hal krusial. Gue ingetin kalo harus sering try out, karena langkah ke-6 itu adalah proses belajar UTBK yang paling sering diabaikan. Padahal, tahap itu bisa jadi kunci keberhasilan yang memberikan hasil nilai UTBK yang signifikan, lho. 

Apakah try out masuk nilai raport? Memang tidak sih Sobat Zenius, karena try out itu semacam simulasi ujian. Semakin sering latihan, elo akan semakin terbiasa.

Elo tentu ingin dapetin nilai maksimal UTBK buat lolos PTN impian, kan?

Apa Itu Try Out?

Sebelum membahas tentang Try Out Online di Zenius, ada baiknya kalau kita bahas dulu apa yang dimaksud try out? 

Seperti yang sudah sering elo dengar, try out adalah proses belajar melalui soal-soal yang biasanya dibuat menyerupai soal ujian. Ibarat simulasi ujian, elo bisa manfaatin TO buat mengasah kemampuan menjawab prediksi soal yang bakal keluar di ujian.

Misalnya buat elo para pejuang PTN, Try out SBMPTN bisa menjadi satu di antara cara untuk maksimalin persiapan elo menghadapi SBMPTN 2022. Karena dirancang semirip mungkin dengan suasana ujian aslinya, TO bisa dimanfaatin buat simulasi UTBK. 

Jadi, saat pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 nanti, elo bakal lebih siap dan tenang menjawab soal-soal yang disajikan.

Sobat Zenius tau kan pepatah ‘bisa karena terbiasa’? Semakin sering elo ikutan Try Out SBMPTN, semakin terbiasa dan mudah untuk menjawab soal-soal di ujian. 

Apakah nilai try out mempengaruhi kelulusan? Bisa jadi, hehehe… Gue bilang gitu aja biar elo rajin try out-nya sehingga elo lancar mengerjakan ujian yang banyak karena sudah terbiasa latihan di TO.

Dulu kan hanya ada Try Out Ujian Nasional. Sekarang banyak nih ujian-ujian yang harus elo hadapi sebelum menghadapi ujian hidup. Hehehe… Bercanda Sobat Zenius.

Tapi, gue perlu menegaskan dulu Try Out SBMPTN yang dimaksud di sini beda banget dengan latihan soal campuran. 

Emang apa bedanya? Try Out itu berfungsi sebagai simulasi ujian, sedangkan latihan soal campuran hanya seperti elo latihan soal kemudian dapat pembahasan jawaban dari soal tersebut. Dalam Try Out elo akan melakukan tiga hal ini:

  • Betul-betul mempersiapkan komposisi susunan soal sesuai dengan format ujian, baik jumlah soal maupun tingkat kesulitannya.
  • Dalam TO Mandiri, elo perlu set waktu pengerjaan soal TRY OUT SBMPTN supaya persis seperti durasi waktu ujian yang akan dihadapi. Kalo elo TO TPS UTBK merujuk ke UTBK ya berarti elo harus set waktu pengerjaan 120 menit.
  • Dalam TO Mandiri, sebaiknya elo membuat kondisi ujian semirip mungkin dengan yang nanti akan dihadapi. Jangan TO sambil ngemil terus dengerin musik di kasur. Namanya simulasi ya berarti elo harus bikin situasinya semirip mungkin dengan ujian. Kalo bisa, bahkan elo ngerjain TO juga dengan sistem penjawaban soal yang sama dengan yang nanti akan dihadapi. Buat dapetin itu semua elo bisa ikutan Try Out Online di Zenius App karena udah di-setting semirip mungkin sama UTBK aslinya. 

Try Out untuk ujian apa aja? Banyak banget! Seperti yang sudah gue sebutin di atas. Bagi elo yang kelas 12, elo akan menghadapi bermacam ujian, yaitu PTS, PAS, PAT, SNMPTN, AKM, SBMPTN, dan UTBK

Try Out itu merupakan prediksi soal-soal yang ada di ujian-ujian tersebut. Semacam uji coba, sehingga Try Out dapat membantu untuk mengerjakan soal-soal dari ujian menjadi lebih mudah.

Apa Sih Pentingnya Try Out?

Di sini gue mau spill apa aja sih manfaatnya kalau elo sering Try Out.

Jadi Mengetahui di Mana Letak Kelemahan

Dengan mengikuti Try Out, elo yang ngerasa belum siap ujian akan dapat banyak pencerahan karena jadi punya gambaran topik mana aja yang jadi kelemahan. 

Please buang jauh perasaan takut, malu, dan stres karena nilai try out SBMPTN elo jelek karena itu tuh gak akan mempengaruhi penerimaan SBMPTN. Jangan lihat TO sebagai kompetisi.

Semakin sering Try Out, Elo Akan Lebih Tau Materi Mana yang Masih Perlu Dievaluasi

Poin ini berkaitan dengan poin pertama, hanya saja pada langkah ini elo perlu mengulang materi yang menjadi kelemahan. Gue kasih elo quote:

The strength of the chain lies in its weakest link.”

Kekuatan adalah sebuah rantai yang terletak pada sambungan paling lemah. Sama halnya dengan strategi menjawab soal dalam ujian, elo terus berusaha untuk memperkuat ‘sambungan rantai paling lemah’ dengan Try Out SBMPTN, ketika hari-H SBMPTN bisa dapat poin yang jauh lebih optimal dari para pesaing.

Terbiasa Memanfaatkan Durasi Ujian dengan Efektif

Salah satu pembeda yang rajin TO dan yang malas ikutan, adalah bagaimana mereka bisa memanfaatkan waktu ujian yang sangat terbatas dengan seoptimal mungkin.

Gue mau kasih gambaran pembagian waktu, di bawah ini ya:

pembagian waktu try out
Ilustrasi time management. Dok: Zenius

Melalui gambar di atas elo bisa lihat kalau TPS UTBK terdiri dari 80 soal dengan durasi waktu 120 menit. Artinya kalau dibagi rata, secara teori dapat diasumsikan 1 soal dikerjain dengan waktu 90 detik.

Lagi gue tekankan, kalau elo sering TO pasti ngerasain sendiri deh. Awalnya gak biasa ngatur waktu, elo akan terpola dengan time management kaya gini. Elo akan lihai memilah topik materi mana yang bisa elo kebut, mana yang perlu hati-hati. Elo akan menggunakan waktu dengan sangat optimal.

Jadi Terbiasa Fokus dengan Kepadatan Waktu Ujian

Untuk UTBK, gue tekankan bahwa elo perlu banget mempersiapkan konsentrasi otak untuk bisa fokus dalam waktu yang cukup lama. Dengan sering TO, elo akan semakin terlatih dan terbiasa untuk fokus dan konsentrasi dalam waktu yang lama. Kapasitas otak elo untuk menahan endurance juga jadi semakin terlatih seiring dengan jumlah TO yang sering elo lakukan.

Mental Jadi Lebih Kuat Ketika Hari-H Ujian.

Eo gak boleh punya pikiran bahwa keberhasilan dalam ujian hanya ditentukan oleh kesiapan materi doang. Kenapa? karena faktanya akan ada banyak faktor yang mempengaruhi performance elo waktu ujian, salah satu yang paling penting tapi sering disepelekan adalah faktor mental.

Beberapa angkatan yang lalu, gue bahkan pernah dicurhatin salah satu siswa Zenius. Dia bilang sebetulnya UTBK waktu itu tuh relatif mudah dan dia seharusnya bisa ngerjain sebagian besar soal. Tapi sayangnya pas hari H dia gak mengontrol anxiety level dalam dirinya, jadi sampai ngebuletin isi biodata aja tangannya gemetaran (untung sekarang udah berbasis komputer).

Nah loh, terus gimana dong caranya untuk mengatasi rasa panik pas hari-H ujian? Untuk masalah ini, gue punya tips ampuh: Jangan pernah hanya menggantungkan kesempatan kuliah elo di satu kesempatan. Artinya, elo jangan cuma ikut UTBK doang, tapi juga ikut Ujian Mandiri. Kalo elo gak menggantungkan semua usaha elo dalam satu kesempatan, secara psikologis akan sangat membantu elo untuk lebih rileks pas hari H ujian.

Bisa Lebih Realistis Milih Jurusan Kuliah.

Satu lagi manfaat terakhir dari Try Out yang jarang dipake adalah fungsi TO sebagai alat refleksi terhadap target jurusan dan universitas yang elo tuju.

Nah, di sinilah harusnya kita bisa memanfaatkan hasil dari TO secara gradual sebagai alat refleksi kita untuk menentukan pilihan yang realistis dalam memilih jurusan kuliah. Gue bukan berarti ingin supaya elo gak meraih cita-cita untuk masuk jurusan & universitas favorit ya. Tentu saja elo boleh masuk jurusan & universitas keren, asalkan dari nilai-nilai TO terakhir elo emang udah bisa meraih score yang bisa disebut layak untuk bersaing di level itu.

Nih, gue kasih salah satu contoh pemetaan nilai TO si Bahri (alumni Zenius) beberapa tahun lalu:

Tabel nilai Try out Bahri
Tabel Nilai Bahri. Dok: Zenius

Dengan ngeliat perkembangan nilai Try Out SBMPTN dari waktu ke waktu, kita jadi bisa lebih sadar diri pada level mana kita bisa berkompetisi untuk meraih kursi SBMPTN. 

Kalo emang kita anggap kita layak dan siap, ya gak masalah kita coba berkompetisi di jurusan yang tingkat persaingannya sangat tinggi. Tapi kalo emang dari nilai TO kita belum istimewa banget, ya akan jauh lebih strategis kalo kita set target juga dengan tingkat persaingan yang sesuai.

Try Out SBMPTN Online

Well, itu dia 6 manfaat yang bisa elo dapetin kalau sering ikutan TO online. Emang sebaiknya kita jangan bergantung sama TO bimbel online, atau event TO lainnya terlebih di tengah kondisi seperti sekarang yang nggak memungkinkan kita buat ngadain kegiatan yang ramai. 

Meski belajar online di rumah aja, elo bisa bikin TO online versi elo sendiri kok! Salah satunya dengan memanfaatkan fitur ZenUTBK di Zenius App. Yuk, kita mulai bahas langkah-langkahnya!

Step 1: Pastikan Tau Komposisi Susunan Soal dan Durasi Ujian

Langkah pertama untuk persiapan TO mandiri, pastikan elo tau susunan komposisi soal dan durasi waktu ujian, untuk konteks UTBK berikut adalah rundown hari-H. Jadi ini akan mempermudah elo untuk bikin table time management seperti yang udah gue buatkan di atas. Gue tau ini tulisan cukup panjang, agar elo gak ribet scroll ke atas lagi, gue copy di bawah ini ya:

Tips Try Out Online Biar Makin Siap Lolos UTBK SBMPTN! 25
Management Waktu. Dok: Zenius

Dengan mengetahui susunannya, kita jadi tau cara set up soal dan waktu pengerjaan. Hal yang sama juga berlaku kalo elo mau try out SBMPTN, Ujian Mandiri, SIMAK UI, TOEFL, IELTS, dll.

Step 2: Try Out Online di Zenius

Untungnya, sekarang udah ada Zenius App. Di Zenius App, elo bisa dapetin akses ke banyak banget kumpulan soal di ZenPractice. Kalo elo belum tau cara aksesnya bisa lihat panduan berikut:

  1. Download aplikasi belajar online Zenius di Google Play Store, App Store, dan AppGallery
  2. Masuk ke Zenius App di HP elo
  3. Pilih ‘Try Out UTBK’ di menu ZenUTBK yang ada di halaman utama
  4. Pilih menu ‘Koleksi Premium’
  5. Pilih soal yang ingin elo kerjakan
Tips Try Out Online Biar Makin Siap Lolos UTBK SBMPTN! 26
Cara Try Out di Zenius. Dok: Zenius

Nah, kalau elo mau akses soal Try Out di atas lewat PC, di bawah ini adalah kumpulan set soal yang gue rekomendasikan sebagai sumber bahan soal TO Mandiri buat elo di link berikut ini:

Kumpulan set soal TPS UTBK Penalaran Umum

Kumpulan set soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif

Kumpulan set soal TPS UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)

Kumpulan set soal TPS UTBK Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)

Dari kumpulan link di atas, elo bisa download modul set latihan soal per topik terus bisa di-print sendiri. Setiap kali elo mau try out SBMPTN, tinggal ambil 80 soal sesuai dengan jumlah soal dalam ujian UTBK. 

Pastikan juga soal-soal tersebut memiliki komposisi yang seimbang antara tipe soal: Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM).

Step 3: Jawab Soal dengan Benar Sebanyak-banyaknya

Kerjakan soal yang sudah elo print tadi, dengan benar sebanyak yang elo bisa di dalam TO. Tujuannya apa? Balik lagi ke poin kalau TO yang elo ikutin ini adalah simulasi dari UTBK yang asli. 

Kalau merujuk ke tahun-tahun terdahulu, setiap jawaban yang elo berikan ada perhitungannya masing-masing. Jawaban benar dapat 4, salah dapat (-1) dan jawaban kosong dinilai (0).

Di sini elo mesti jawab dengan benar dan jangan asal nebak karena bisa aja jawaban asal nebak yang kasih ternyata salah dan nggak menutup kemungkinan jadi ga lolos gara-gara jawaban salah tadi. 

Makanya di sini elo harus jawab dengan benar dan sebanyak-banyaknya karena bagaimanapun juga ini adalah ujian seleksi dan hanya peserta terbaiklah yang bisa lolos dari seleksi ini.

Step 4: Kerjakan Try Out Online Mandiri Secara Rutin dan Konsisten

Hal terakhir yang perlu elo lakukan adalah, action! Persiapkan try out SBMPTN dengan serius, kerjakan juga dengan teliti. Gue sarankan elo bener-bener luangkan waktu 1-2x seminggu untuk TO Mandiri secara rutin. 

Jangan TO mandiri sambil tidur-tidur di kasur, dengerin lagu pakai earphone, atau sambil ngemil. Jadikan TO ini seperti simulasi ujian, persiapkan waktu khusus, kerjain dengan posisi duduk di kursi dan di depan meja belajar. Set up alarm di hape sesuai dengan durasi waktu ujian yang sesungguhnya.

Kalo pas alarm bunyi tapi elo belum selesai, jangan lanjut ngerjain karena ngerasa tanggung lagi ngerjain! Belajar disiplin, letakkan alat tulis elo kalo emang waktunya sudah habis. 

Elo bisa lanjut ngerjainnya nanti pas habis selesai ngitung PG (Pilihan Ganda) kalo emang penasaran sama soalnya. 

Pas nanti hari H ujian, jangan harap pengawas memberi kelonggaran waktu karena elo lagi nanggung ngerjain nomor-nomor terakhir. 

Justru dengan TO ini elo harus belajar mengasah insting elo untuk mengalokasikan pengerjaan soal dengan cepat, tepat, dan efektif namun tetap teliti.

Oke deh, sekian sharing  dari gue, moga-moga bisa bermanfaat buat elo semua. Melalui artikel ini, gue juga berharap elo jadi semakin termotivasi untuk proaktif melakukan try out SBMPTN online Mandiri di Zenius, mengingat ada begitu banyak manfaat yang luar biasa signifikan untuk bisa mengungguli para pesaing elo di luar sana yang males ngerjain Try Out. Semangat yak!

Nah, apabila Sobat Zenius ingin mempersiapkan Try Out dengan baik, Zenius punya fitur yang bisa bikin elo makin jago, nih! Yap, fitur tersebut bernama ZenPractice.

Melalui ZenPractice, Sobat Zenius nggak perlu terburu-buru saat mengerjakan setiap soal. Pasalnya, nggak ada limit waktunya, lho! Hal ini memungkinkan elo buat berlatih setiap soal sampai puas dan bisa menguliknya lebih dalam lagi.

So, tunggu apa lagi? Segera asah kemampuanmu dengan baik melalui ZenPractice dengan mengklik banner di bawah ini, ya!

Tips Try Out Online Biar Makin Siap Lolos UTBK SBMPTN! 27

Kalo elo dari sekarang udah mau mempersiapkan diri buat UTBK dan Ujian Mandiri, berikut di bawah ini ada beberapa link yang menurut gue akan sangat bermanfaat:

7 Langkah Strategis Belajar UTBK

Kumpulan Soal dan Teori Lengkap UTBK dan Ujian Mandiri dari tahun-tahun lalu

Jangan lupa, klik banner di bawah ini buat ikutan Zenius Grand Try Out, sekarang!

Ikuti Grand Try Out Online Zenius Gratis

Originally published: May 11, 2020
Updated by: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!